Setelah berhasil melakukan instalasi dan konfigurasi Mail Server pada ekosistem Alibaba Cloud, selanjutnya kita akan membahas mengenai limitasi dari Alibaba Cloud untuk menghosting Mail Server.

Secara default, Alibaba Cloud memblokir akses port 25 untuk Mail Server. Port 25 masih dapat digunakan untuk menerima email yang masuk, namun terkait port tersebut tidak dapat digunakan untuk mengirimkan email dengan alasan keamanan. Sebenarnya, tidak hanya Alibaba Cloud saja yang memblokir port 25. Ada banyak sekali penyedia layanan cloud hingga ISP yang juga memblokir port 25 dikarenakan apabila port 25 dibuka, maka akan ada kemungkinan terjadinya pengiriman email spam dari dalam network internal. Apabila sebuah server mengirimkan email spam secara terus menerus, maka server tersebut akan di blacklist sehingga tidak bisa digunakan untuk mengirimkan email.

Alibaba Cloud sendiri menyediakan layanan untuk membuka port 25, namun perlu diketahui bahwa request tersebut tidak akan 100% di approve karena harus di review terlebih dahulu, dan apabila memang diperlukan, Alibaba Cloud akan memberikan akses port 25. Berikut adalah link untuk mendapatkan izin pembukaan port 25 Alibaba Cloud

Bagaimana jika port 25 tetap tidak diizinkan untuk dibuka?

Jika sudah kejadian seperti ini, maka akan sangat dianjurkan untuk menggunakan SMTP dari pihak ketiga ataupun menggunakan port lain untuk mengirimkan email. Untuk keamanan yang lebih baik, kamu bisa mencoba untuk menggunakan layanan email dari Alibaba Cloud, yaitu Direct Mail.

Berikut adalah beberapa saran SMTP gratis yang dapat kamu gunakan:

  1. Sendinblue
  2. Mailgun
  3. Sendgrid
  4. Smtp2go
  5. Elastic Email
  6. Pepipost

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)