Sebelumnya kita telah berhasil menginstall Mail Server (hMailServer) pada SAS/ECS Alibaba Cloud dengan sistem operasi Windows Server 2022 Datacenter. Namun, hanya dengan menginstall saja belum cukup mengingat kita perlu melakukan setting pada DNS sampai dengan konfigurasi kecil lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengkonfigurasi Mail Server agar dapat berjalan sepenuhnya.

  1. Pada menu Firewall Alibaba Cloud, tambahkan port TCP sebagai berikut: 25, 465, 587, 110, 995, 143, 993. Untuk cara menambahkan port firewall pada Alibaba Cloud, berikut caranya


  2. Selanjutnya, buka aplikasi hMailServer dan masukkan password yang telah ditentukan sebelumnya.


  3. Tambahkan domain baru untuk hMailServer


  4. Masukkan nama domain kamu dan tekan tombol Save


  5. Selanjutnya, buat account baru untuk domain kamu




  6. Selanjutnya, masuk ke bagian Settings > Protocols > SMTP dan input Local Host Name menjadi mail.namadomainkamu.com, contoh: mail.yourdomain.com atau mail.mydomain.id


  7. Selanjutnya, kita perlu membuat DNS record pada menu Alibaba Cloud DNS > DNS Settings dengan asumsi jika domain yang kamu gunakan berasal dari Alibaba Cloud. DNS Record yang perlu diisi adalah sebagai berikut:




  8. Selanjutnya, kamu sudah boleh mulai untuk mencoba menggunakan email account yang sebelumnya telah kamu buat di Email Client yang kamu inginkan. Pada artikel ini, penulis menggunakan Thunderbird sebagai Mail Client. Koneksi dapat disimpulkan sebagai sukses jika sudah terdapat tulisan The following settings were found by probing the given server.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)