Setelah sebelumnya kita telah membahas mengenai kemungkinan untuk membuat Mail Server sendiri di ekosistem Alibaba Cloud, maka selanjutnya kita akan menginformasikan bagaimana cara membuat Mail Server pada SAS/ECS Alibaba Cloud. Pada artikel ini, kita akan menggunakan hMailServer untuk membuat Mail Server.

Mengapa harus menggunakan hMailServer? hMailServer merupakan layanan email server yang bersifat open-source khusus untuk Windows. hMailServer mensupport standard protocol pada email seperti SMTP, POP3, dan IMAP. Setelah dilakukan beberapa kali percobaan, penulis merasa bahwa hMailServer merupakan salah satu mail server yang sangat cocok untuk SAS/ECS Alibaba Cloud.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Mail Server menggunakan hMailServer

      1. Pertama, unduh hMailServer melalui link berikut ini


      2. Selanjutnya, lakukan buka file installernya, dan ikuti petunjuk seperti pada gambar di bawah ini








      3. Khusus untuk tampilan ini, kamu dapat memilih dengan bebas ingin menggunakan Built-in database engine atau menggunakan external database engine. Untuk keamanan, ada baiknya kita menggunakan External Database Engine, namun kamu harus menginstall dulu database enginenya sebelum menggunakan pilihan tersebut.








      4. Mulai dari step 10, ini merupakan tampilan yang opsional. Jika kamu memilih ‘Built-In Database Engine’, maka step 10 ini dapat kamu abaikan.












      5. Pada tahap ini, instalasi Mail Server telah berhasil dilakukan dan siap untuk dilakukan konfigurasi lebih lanjutnya.

    0 CommentsClose Comments

    Leave a comment

    Newsletter Subscribe

    Get the Latest Posts & Articles in Your Email

    We Promise Not to Send Spam:)