Email merupakan salah satu jenis komunikasi nirkabel yang sudah sangat sering digunakan oleh banyak orang. Sekolah, bisnis, hingga universitas pun semuanya menggunakan email untuk bertukar pesan. Tidak seperti aplikasi messaging pada umumnya, email sendiri merupakan salah satu media komunikasi yang secara tidak langsung dapat dianggap sebagai media komunikasi resmi dalam dunia bisnis dikarenakan banyaknya benefit yang ditawarkan.

Untuk mengelola email sendiri, diperlukan beberapa investasi seperti komputer server ataupun VPS. Nah, kemarin kita mendapatkan pertanyaan dari salah satu pembaca kita mengenai apakah memungkinkan apabila kita ingin membuat Mail Server kita sendiri di SAS Alibaba Cloud? Apakah ribet atau bahkan tidak memungkinkan sama sekali? Pada artikel ini, kita akan coba membahas mengenai hal yang ditanyakan tersebut.

Sebagai informasi, Mail Server sangat memungkinkan untuk di manage sendiri, namun perlu diketahui bahwa tidak semua VPS memiliki kapabilitas seperti itu. Untungnya, VPS dari Alibaba Cloud mengizinkan kita untuk membuat mail server kita sendiri.

Pada sistem operasi Windows, ada beberapa Mail Server yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen email server, seperti:

  1. Microsoft Exchange Sever
  2. hMailServer
  3. MailEnable
  4. IceWarp
  5. Kerio Connect
  6. Axigen
  7. SmarterMail

Sedangkan pada sistem operasi Linux, berikut adalah Mail Server yang cukup terkenal karena kemudahan konfigurasi:

  1. Postfix
  2. Dovecot
  3. EXIM
  4. Sendmail
  5. Zimbra
  6. Axigen
  7. iRedMail
  8. hMailServer
0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)