Dengan banyaknya API dan SDK yang dapat digunakan untuk mengelola data pada Alibaba Cloud, tentunya banyak pengguna yang terbantu dengan adanya fitur ini. Namun sebelum menggunakan API ataupun SDK tersebut, pengguna diharapkan untuk memiliki AccessKey.

Apa Itu AccessKey?

Untuk dapat mengakses API dari layanan Alibaba Cloud, diperlukan AccessKey yang digunakan sebagai alat identifikasi dan juga verifikasi untuk memastikan apakah pengguna memiliki hak untuk mengakses layanan tersebut atau tidak. AccessKey sendiri merupakan mekanisme keamanan dari Alibaba Cloud yang mencegah adanya akses ilegal terhadap data yang tersimpan di Alibaba Cloud. AccessKey sendiri merupakan sekumpulan kunci yang bersifat unik, di mana kunci ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang berwenang untuk mengelola data. 

Konsep AccessKey ini sangatlah mirip dengan konsep username dan password, di mana user harus terverifikasi dan tervalidasi agar bisa mengakses sistem tertentu. Dengan menggunakan AccessKey, pengguna dapat memanggil API, mengelola resource seperti membuat, mengupdate, mengambil data dan lainnya. AccessKey sendiri terdiri dari AccessKey ID dan AccessKey Secret. 

 

Perlu diketahui bahwa:

  • AccessKey ID harus disimpan dan bersifat konfidensial. Mohon untuk tidak membagikan informasi ini kepada orang lain yang tidak dikenal karena bisa mengakibatkan hal yang fatal seperti kehilangan data permanen.
  • AccessKey digunakan sebagai tanda pengenal dari masing-masing pengguna, dan diharapkan untuk tidak dibagikan kepada orang lain. 

Membuat AccessKey

Untuk membuat AccessKey, ada beberapa tahapan yang diperlukan. Namun jangan khawatir karena tahap-tahap dalam membuat AccessKey sangatlah mudah. Berikut adalah tahapan dalam pembuatan AccessKey:

  1. Log In ke dalam situs Alibaba Cloud dan akses AccessKey Console



  2. Selanjutnya pengguna dapat memilih jenis AccessKey yang ingin dibuat. Perbedaan antara 2 mode tersebut hanyalah di bagian pemilik AccessKey. Pada contoh ini, penulis akan menggunakan pilihan Continue to manage AccessKey

  3. Klik pilihan “Create AccessKey”



  4. Pada tahapan ini, seharusnya AccessKey telah berhasil dibuat dan pengguna dapat melihat AccessKey ID ataupun AccessKey secretnya. 

Setelah membuat AccessKey, maka user sudah dapat menggunakan data tersebut untuk mengelola layanan Alibaba Cloud menggunakan API yang telah disediakan. Mudah bukan untuk membuat AccessKey?
1 CommentClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)