Halo, semuanya! Kembali lagi dengan admin yang akan membahas seputar teknologi seperti Cloud, VPS, dan lainnya.

Pada artikel kali ini, kita ingin mencoba berbagi pengalaman kami selama menggunakan Simple Application Server dari Alibaba Cloud selama 4 bulan dengan varian ASP. NET sebagai image utamanya. Sekedar informasi, Alibaba Cloud menyediakan image yang cukup banyak, dari Apps Image seperti WordPress, LAMP, ASP. NET hingga OS seperti Alibaba Cloud Linux ataupun Anolis.

Mengapa kami menggunakan SAS ASP. NET?

Kami sebagai penyedia jasa software tentunya harus bisa beradaptasi dengan berbagai teknologi, tidak terkecuali teknologi ASP .NET yang dirancang oleh Microsoft. Banyak dari client kami yang membutuhkan sistem aplikasi website yang dikembangkan menggunakan teknologi ASP .NET. Alasannya sendiri cukup beragam, ada yang memang sudah kebijakan dari perusahaan untuk harus menggunakan teknologi tersebut, ada juga yang lebih familiar untuk menggunakan .NET. Kebetulan sekali, kami diminta untuk membuat situs yang dikembangkan menggunakan .NET dan website tersebut harus dapat diakses melalui internet. Oleh karena itulah, kami harus menggunakan layanan VPS yang mampu menghost situs ASP .NET kami dan kami memilih Alibaba Cloud sebagai penyedia VPS tersebut karena kami sendiri sudah cukup familiar dan sangat puas ketika menggunakan VPS berbasis Linux.

Apa Perbedaan VPS Linux dengan VPS Windows?

Ada banyak sekali perbedaan antara VPS Linux dengan VPS Windows, salah satunya mulai dari arsitektur sistem operasi sampai dengan aplikasi yang didukung. VPS Linux biasanya tidak memerlukan lisensi apa-apa untuk digunakan, sedangkan VPS Windows mengharuskan kita untuk membeli lisensi baik secara terpisah ataupun sepaket dengan VPS yang kita pilih. Untungnya di Alibaba Cloud adalah kita dapat menggunakan VPS Windows tanpa harus membeli lisensi tambahan, berbeda seperti penyedia jasa lainnya.

Bagaimana dengan harga VPS tersebut? Apakah lebih mahal daripada VPS Linux?

Terkait harga, tentunya ada perbedaan antara VPS Linux dengan VPS Windows, terutama VPS Windows memerlukan lisensi. Namun tahukah kamu, bahwa harga VPS Alibaba Cloud untuk OS Windows terbilang cukup murah, di mana harganya mulai dari $11 saja.

 

Pengalaman Kami Dalam Menggunakan SAS ASP. NET

Lanjut dengan tema kita hari ini. Setelah menggunakan 4 bulan, kami merasa bahwa VPS Alibaba Cloud ini sangatlah memudahkan kami sebagai penyedia jasa software berbasis ASP. NET. Bagaimana tidak? Saat kita membeli SAS dengan Apps Image berupa ASP. NET, kita sudah disuguhkan sebuah sistem operasi yang sudah siap pakai, bahkan SQL Server dan IIS sudah tersedia tanpa harus kita konfigurasi apa-apa.
 
Yang perlu kita lakukan setelah masuk ke dalam server adalah hanya mengimport database, file aplikasi ASP. NET, dan binding website dengan IIS. Benar-benar memudahkan dan menghemat waktu, tidak seperti beberapa VPS yang mengharuskan kita untuk melakukan setup dari sangat awal seperti menginstall SQL Server dan lainnya.

Lebih lanjut, kami cukup terkesan dengan bagaimana cara Alibaba Cloud mempermudah pengguna untuk menggunakan SAS. Jika biasanya kita harus menggunakan fitur Remote Desktop Connection yang tersedia di Windows, maka dari Alibaba Cloud memberikan kita kemudahan untuk mengakses VPS kita menggunakan browser kita. Bayangkan seberapa membantunya kemudahan ini untuk para pengembang aplikasi yang pada saat itu tidak memiliki akses ke Windows.

Setelah menggunakan 4 bulan, kami masih belum pernah menemukan adanya downtime pada website kami, namun untuk hal ini akan kita update terus secara berkala. Untuk CPU dan Memory usage sendiri cukup terjaga, tidak seperti beberapa penyedia yang sedikit-sedikit memory usagenya naik hingga 100%.

Dengan fitur yang sangat membantu, dan juga spesifikasi yang dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan kita, serta kestabilan resouce, menurut saya SAS ASP. NET ini sangatlah cocok jika ingin digunakan dalam bisnis. Tentunya dengan support yang cepat dari Alibaba Cloud, menggunakan SAS pun menjadi lebih mudah.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)