Sering sekali kita mendengar tentang Elastic Compute Service, dan bahkan di blog ini juga penulis sering menuliskan informasi tentang ECS. Namun, tahukah Anda bahwa Alibaba Cloud memiliki sebuah produk yang bernama Simple Application Server yang sering juga disebut dengan SAS?

Baik SAS dan juga ECS merupakan sebuah server. Namun kedua layanan ini memiliki fungsi dan target pasar yang cukup berbeda. Namun sebagai awalan, yuk kita cari tahu dulu sebenarnya apa sih SAS dari Alibaba Cloud?

Apa itu SAS?

Simple Application Server merupakan layanan server dari Alibaba Cloud yang mengunggulkan kemudahan dalam men-deploy sebuah aplikasi. Untuk mendeploy ataupun menggunakan SAS sangatlah mudah karena hanya perlu klik dan klik saja. Untuk fitur yang ada pada SAS juga rata-rata diadopsi dari fitur yang sudah ada di ECS. Salah satunya adalah seperti fitur snapshopt, SSH, dan lain-lain.

Contoh Penggunaan SAS

Untuk SAS sendiri dapat digunakan untuk berbagai skenario, namun secara umum ada beberapa skenario yang dinilai paling tepat dalam menggunakan SAS, yaitu:

  1. Server Pembelajaraan untuk mempelajari Domain dan Server
  2. Hosting Situs Statis
  3. Membuat Situs Personal (Blogspot, WordPress)

Perbedaan SAS dan ECS

Walaupun SAS dan ECS merupakan produk yang mirip, namun ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui. Perbedaan tersebut adalah:

  1. Tampilan dan konfigurasi yang dimiliki oleh SAS lebih sedikit dibandingkan dengan ECS. 
  2. SAS tidak mengharuskan penggunanya untuk memiliki adanya dalam melakukan pengelolaan cloud server.
  3. Harga SAS jauh lebih murah daripada ECS
  4. Metode pembayaran pada SAS tidak menerima adanya jenis pembayaran Pay-As-You-Go, namun harga bulanan yang murah membuat server ini lebih mudah untuk didapatkan.
  5. Marketplace Image tidak dapat digunakan pada SAS, namun SAS menerima penggunaan Custom Image.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ringkasan perbedaan antara SAS dan ECS, Anda dapat melihat gambar di bawah ini yang telah disusun oleh Sai Sarath Chandra (Sumber: Click Here)

Apakah Menguntungkan Menggunakan SAS?

Simple Application Server bisa dibilang cukup worth jika kita berbicara tentang layanan dan fitur. Mengapa begitu? Karena SAS didesain agar dapat dikelola dengan sangat mudah, bahkan oleh pemula. Selain itu, harga yang dimulai dari $3.5/bulan juga tentunya tidak memberatkan keuangan seseorang.

Kesimpulan

SAS merupakan sebuah layanan yang mirip dengan ECS, namun dengan tampilan dan penggunaan yang lebih mudah. SAS sangatlah cocok digunakan oleh orang-orang yang masih belum memiliki pendalaman mendalam terkait cloud server, namun ingin mencoba untuk memulai dalam mengontrol server. Selain itu, SAS juga memiliki dokumentasi yang komplit pada situs Alibaba Cloud yang tentunya akan mempermudah pengguna dalam menggunakan SAS.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)