Alibaba Cloud selaku penyedia layanan cloud computing, tentu saja memiliki layanan server dengan sistem operasi berbasis Linux ataupun Windows. Sistem Operasi Linux pada Alibaba Cloud sendiri merupakan sistem operasi yang paling sering dipesan oleh pengguna Alibaba Cloud, bahkan Arsen Cloud juga menggunakan server berbasis Linux untuk menghidupkan situs ini.

Server Alibaba Cloud merupakan salah satu layanan server yang cukup tangguh dan sangat baik dari sisi performa hingga harga, namun seperti yang kita ketahui bahwa layanan server Alibaba Cloud saat ini hanya bisa diakses menggunakan SSH, setidaknya untuk layanan server berbasis Linux.

Untuk kamu yang masih pemula ataupun tidak familiar dengan Linux, tentunya kamu akan merasa sangat sulit memahami dan menghafal syntax pada Linux. Bagaimana tidak? Linux sendiri memiliki syntax yang bahkan lebih dari ratusan syntax, belum lagi termasuk syntax dari third party. Nah, kamu jangan khawatir karena Arsen Cloud akan membagikan tips bagaimana cara mudah mengelola server Linux yang dibeli di Alibaba Cloud.

Apa Yang Harus Diketahui Agar Saya Dapat Melakukan Kelola Server Alibaba Cloud Dengan Mudah?

Untuk dapat mengelola server dengan mudah, yang pastinya kamu harus punya basic dasar mengenai cara melakukan instalasi third-party tools & software. Misalnya jika di ubuntu, kamu harus memahami dulu apt-get install, atau jika kamu di centOS, kamu harus memahami yum install. Jika kamu sudah memahami bagaimana cara melakukan instalasi third-party tools, maka selanjutnya akan sangat mudah sekali bagi kamu untuk mengikuti cara pengelolaan server Alibaba Cloud yang mudah.

Saya Sudah Paham Cara Instalasi Tools Linux. Apa Selanjutnya?

Setelah memahami cara instalasi tools, maka kamu selanjutnya kami menyarankan kamu untuk berkenalan dan juga memahami apa itu Web-Based Server Administration Control Panel.

Web-Based Server Administration Control Panel merupakan situs yang biasanya digunakan untuk mengelola server. Control Panel ini sangatlah berguna untuk orang awam yang masih belum terlalu memahami lingkungan Linux. Secara garis besar, web-based control panel adalah sebuah situs di mana kamu bisa melakukan hampir seluruh pekerjaan yang ada pada server, namun tanpa harus mengetik syntax dan command Linux yang di mana ini merupakan sebuah hal yang akan sangat membantu untuk pemula. Bayangkan saja, dengan control panel, kamu bisa dengan mudah menginstall SSL, melakukan setting auto renewal SSL, update tools Linux, monitoring server, dan lain-lain.

Adapun jenis-jenis dari control panel tersebut adalah:

  1. Ajenti
  2. Cockpit
  3. FluxCP
  4. ZPanel
  5. Webmin
  6. VirtualMin
  7. Servyy
  8. Dash.
  9. Ward
  10. CWP (Control Web Panel)
  11. dan lainnya

Nah, dari control panel di atas, yang mana saja yang cocok dan bisa diinstall untuk server Linux Alibaba Cloud? Jawabannya adalah semua tools di atas dapat diinstall pada layanan server Alibaba Cloud berbasis Linux.

Dengan bantuan control panel di atas, mengelola server sudah tidak perlu menghafal lagi syntax Linux yang cukup rumit untuk beberapa orang. Ditambah lagi dengan Alibaba Cloud console yang sudah sangat mumpuni untuk diintegrasi dengan control panel pihak ketiga, mengelola server akan semakin mudah lagi.

Sekian artikel kali ini mengenai bagaimana cara mudah untuk mengelola server Alibaba Cloud. Semoga dengan artikel ini, kamu bisa memahami dan mempelajari bagaimana cara yang mudah tanpa harus repot mempelajari semua syntax pada Linux.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)