Migrasi ke cloud service menjadi pendorong utama bagi transformasi digital perusahaan, namun perusahaan-perusahaan konvensional sering kali dihadapkan pada beberapa tantangan saat melakukan migrasi tersebut. Pertama, migrasi ke awan dapat mengubah alamat IP publik perusahaan, yang merupakan aset TI penting. Perubahan ini dapat menimbulkan biaya tak terduga dan mengganggu transformasi digital yang sedang berlangsung. Alamat IP perusahaan harus tetap tidak berubah dalam beberapa skenario tertentu. Misalnya, saat bisnis menggunakan daftar putih alamat IP untuk menjaga keamanan atau ketika arsitektur sistem tergantung pada lingkungan berbasis IP. Selain itu, perusahaan tradisional seringkali mengalami masalah dengan penskalaan jaringan yang lambat dan elastisitas yang kurang memadai dalam jaringan jalur tunggal. Hal ini menyebabkan mereka sulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan permintaan pasar dengan cepat. Perlindungan keamanan yang dimiliki perusahaan juga seringkali lemah dan tidak dilengkapi dengan perlindungan tingkat tinggi terhadap serangan penolakan layanan terdistribusi (DDoS). Jika terjadi serangan, semua jalur jaringan dapat menjadi tidak tersedia, yang berpotensi menimbulkan kerugian besar.

Apa itu Bring Your Own IP Addresses (BYOIP) dari Alibaba Cloud?

Layanan Bring Your Own IP Addresses (BYOIP) dari Alibaba Cloud memungkinkan perusahaan untuk membawa rentang alamat IPv4 publik mereka sendiri dari jaringan lokal ke akun Alibaba Cloud. Meskipun begitu, Alibaba Cloud secara default akan mempromosikan rentang alamat tersebut di Internet. Perusahaan dapat mengikat alamat IP mereka ke layanan-layanan Alibaba Cloud, seperti Layanan Komputasi Elastis (ECS), Gateway NAT, Penyeimbang Beban Server (SLB), dan Antarmuka Jaringan Elastis (ENI), untuk memastikan bahwa bisnis mereka tetap dapat diakses di Internet. Setelah migrasi bisnis ke Alibaba Cloud menggunakan BYOIP, alamat IP publik perusahaan akan tetap tidak berubah. BYOIP menawarkan banyak keuntungan. Misalnya, tidak akan ada dampak terhadap nama domain atau layanan surat perusahaan. Perusahaan masih dapat mengakses layanan-layanan pihak ketiga yang telah memasukkan alamat IP mereka ke dalam daftar putih. Tidak diperlukan modifikasi atau debugging tambahan untuk aplikasi-aplikasi yang menggunakan alamat IP publik perusahaan secara kaku. Kehadiran alamat IP yang tidak berubah juga dapat memenuhi persyaratan kepatuhan regulasi dan audit bagi sebagian perusahaan.

Mengapa BYOIP dari Alibaba Cloud?

  • Migrasi Penuh ke Cloud
    Alibaba Cloud membantu perusahaan melakukan migrasi bisnis mereka ke awan tanpa mengubah alamat IP publik mereka. Hal ini mengurangi biaya migrasi ke awan dan kerugian yang disebabkan oleh waktu tidak aktif layanan. Setelah perusahaan membawa rentang alamat IP publik mereka sendiri ke Alibaba Cloud, mereka dapat menggunakan 89 jalur Border Gateway Protocol (BGP) berkualitas tinggi yang disediakan oleh Alibaba Cloud. Jalur BGP ini diterapkan di seluruh dunia dan menyediakan elastisitas bandwidth yang melebihi 100 Gbit/s. Alibaba Cloud juga menyediakan pusat-pusat pembersihan global dan berbagai layanan perlindungan re-injection, seperti Generic Routing Encapsulation (GRE) tunnels, Cross Connect, dan Express Connect. Layanan-layanan ini secara kolektif dapat mengurangi serangan DDoS dengan volume lebih dari 10 Tbit/s.

  • Globalisasi Enterprise
    Berdasarkan iklan IP dan jalur berbasis EIP premium, Alibaba Cloud BYOIP dapat secara signifikan mengurangi latensi untuk akses lintas batas saat sebuah perusahaan mendeploy server mereka di luar Tiongkok Daratan dan menyediakan layanan untuk pelanggan di Tiongkok Daratan. Jalur berbasis EIP premium utamanya melayani wilayah China (Hong Kong). Jalur-jalur ini dikembangkan berdasarkan sumber daya bandwidth berkualitas tinggi Alibaba Cloud dan beberapa penyedia layanan. Dibandingkan dengan jalur BGP multi-lintas, jalur berbasis EIP premium dapat mengurangi latensi setidaknya sebesar 60%. Hal ini memenuhi kebutuhan bisnis yang peka terhadap latensi, seperti gaming, pendidikan online, keuangan, audio, dan konferensi video.

  • Cloud Hybrid Enterprise
    Ditujukan untuk skenario awan hibrida perusahaan, Alibaba Cloud BYOIP menghubungkan sistem dan data di luar lokasi dan di lokasi menggunakan Express Connect berbasis iklan IP dan bandwidth awan publik hibrida. Ketika migrasi ke awan memberikan tekanan besar pada biaya TI, solusi ini tidak hanya membantu mengamortisasi biaya aset yang ada, tetapi juga mengurangi overhead sumber daya yang tidak terpakai akibat penggunaan sumber daya yang ada yang kurang optimal. Hal ini memastikan migrasi yang lancar dan bisnis tanpa gangguan. Selain itu, tidak diperlukan pemeliharaan khusus, yang mengurangi biaya O&M.
     
     
  • BGP Berkecepatan Tinggi
    Alibaba Cloud menyediakan solusi jaringan lintas batas untuk perusahaan multinasional yang sesuai dengan protokol gateway batas (BGP) dan memiliki 89 pilihan rute. Kami menyediakan routing BGP berkecepatan tinggi, dengan layanan tambahan untuk perusahaan di Hong Kong.

  • Kemampuan Pencegahan Tingkat Tinggi
    Mencegah segala serangan berbahaya di dalam dan di luar awan dengan mekanisme Anycast. Ini berfungsi sebagai pusat perlindungan global dengan kemampuan pencegahan lebih dari 10 Tb per detik.

  • Tersedia Banyak Availability Zone
    Alibaba Cloud operates 89 availability zones in 30 regions around the world, with more global regions set to follow.
Secara singkat, Alibaba Cloud menjadi pelopor dengan solusi BYOIP di Tiongkok, memungkinkan perusahaan membawa alamat IP publik mereka saat migrasi ke awan untuk melindungi aset IP mereka. Dengan jaringan BGP berkecepatan tinggi, kemampuan pencegahan tingkat tinggi, dan infrastruktur global yang luas, Alibaba Cloud memberikan solusi yang handal dan fleksibel untuk kebutuhan awan perusahaan di seluruh dunia.
 

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)