Bagi seorang pengembang perangkat lunak yang mengembangkan software berbasis cloud, tentunya diperlukan sebuah wadah agar software tersebut dapat diluncurkan dan diakses secara publik. Wadah ini pun ada banyak sekali jenisnya, namun yang paling umum adalah cloud hosting yang berbasis cPanel ataupun Plesk. Cloud hosting yang tadi telah disebutkan sendiri sebenarnya sudah sangat umum untuk digunakan dan saya yakin hosting tersebut pun dapat bekerja dengan sangat baik karena saya sendiri sudah pernah menggunakan web hosting tersebut baik itu cPanel ataupun Plesk. Namun, sebagai pengguna web hosting dengan control panel di atas, ada beberapa fitur yang tidak dapat diakses dikarenakan fitur tersebut dibatasi oleh penyedia layanan. Untuk hal tersebut, bagaimana jika kita coba melirik Simple Application Server dari Alibaba Cloud

Apa itu Simple Application Server?

Simple Application Server merupakan sebuah layanan dari Alibaba Cloud jenis baru yang dibuat untuk mewadahi dan membantu peluncuran software yang berdiri sendiri. Dengan adanya Simple Application Server, pengguna hanya perlu melakukan beberapa kali klik pada control panel dan dalam waktu sebentar aplikasi yang ingin kita rilis akan langsung berhasil dirilis dan dapat diakses oleh publik. Layanan Simple Application Server ini sendiri berbasis cloud, sehingga tidak memerlukan penggunanya untuk membeli perangkat keras fisik seperti server sebagai pusat atau wadah dari aplikasi yang ingin dirilis. Simple Application Server sangat cocok untuk pemula, programmer maupun perusahaan berskala kecil hingga menengah.

Benefit Menggunakan Simple Application Server

 

Ada beberapa keuntungan yang bisa pengguna rasakan ketika menggunakan Simple Application Server dari Alibaba Cloud seperti kemudahan mendeploy aplikasi hingga kemudahan untuk mengatur keamanan dari aplikasinya itu sendiri. Berikut adalah keuntungan yang ditawarkan oleh Simple Application Server:

  1. Tidak memerlukan adanya perangkat keras fisik yang berfungsi sebagai pusat dari aplikasi
  2. Pengalaman deployment yang sangat mudah dan cepat, bahkan anda dapat mendeploy aplikasi anda dalam hitungan menit
  3. Tersedia berbagai jenis metode pembayaran yang akan membantu pengguna dalam menghemat biaya yang perlu dikeluarkan
  4. Tersedia fitur proteksi keamanan seperti Firewall, Protokol HTTPS, Internal Network Isolation, dan Data Backup
  5. Fitur O&M seperti Resource Monitoring, Self-Diagnostics, dan Operation Logs
  6. Dukungan terhadap Alibaba Cloud Marketplace Image, Public Image, dan Custom Image, dan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait image pada Alibaba Cloud, klik di sini
  7. API yang terstruktur dan terstandarisasi yang meningkatkan kemudahan penggunaan dan juga kompabilitas.
  8. Didukung oleh lebih dari 11 Data Center global yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Arsitektur

Gambar di bawah ini menjelaskan mengenai arsitektur dari Simple Application Server. Dimulai dari pertama kali ketika pengguna menginisiasi pembuatan simple application server, pengguna dapat memilih image atau OS berdasarkan kebutuhan. Selanjutnya, pengguna juga dapat memilih plan yang berfungsi untuk menentukan sumber daya dan juga spesifikasi dari server yang ingin digunakan. Setelah spesifikasi selesai dilakukan, maka simple application server sudah bisa digunakan untuk mendeploy perangkat lunak.



Di atas merupakan pengenalan singkat dari Simple Application Server dari Alibaba Cloud. Menarik bukan? Karena jika di cPanel ataupun control panel cloud host lain, kita tidak bisa melakukan banyak hal terutama di bagian keamanan data dan juga pemilihan sumber daya yang sesuai kebutuhan. Semoga artikel ini mampu menjelaskan apa itu Simple Application Server beserta dengan manfaat dan arsitekturnya.

1 CommentClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)