Simple Application Server dari Alibaba Cloud merupakan sebuah layanan yang mudah untuk digunakan. SAS sendiri biasanya memiliki image atau OS mulai dari Linux-based hingga Windows-based. Untuk Windows-based, biasanya mengakses SAS dapat menggunakan RDP (Remote Deskop) sedangkan untuk Linux-based, kita bisa menggunakan software seperti Putty.

Beberapa pengguna melaporkan kepada penulis bahwa mereka kesulitan untuk mengakses Alibaba Cloud SAS melalui putty. Setiap kali mereka ingin mengakses SAS, selalu muncul error berupa “No supported authentication methods available (server sent:publickey,gssapi-keyex,gssapi-with-mic). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Isu ini cukup umum untuk ditemukan, terutama untuk pengguna baru yang baru saja menggunakan Alibaba Cloud SAS. Namun, jangan khawatir karena penulis akan menjelaskan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mengatasi isu ini.

Cara Troubleshoot

  1. Masuk ke Alibaba Cloud Console

  2. Pilih Simple Application Server yang ingin anda troubleshoot, dan tekan tombol Change pada SAS tersebut



  3. Selanjutnya, Anda harus memasukkan password yang Anda inginkan untuk user root. Setelah selesai, maka selanjutnya tekan tombol Determine



  4. Setelah itu, kamu akan mendapati sebuah pop-up yang meminta kamu untuk melakukan restart pada server. Jika server sedang tidak digunakan, maka Anda bisa langsung memilih Yes, please restart the server immediately. Jika Anda masih menggunakan server, maka pilih No, I’ll restart myself later.



  5. Jika sudah dilakukan restart, maka silahkan coba untuk login lagi di Putty. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, seharusnya isu yang Anda temui sudah tidak terjadi lagi.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)