Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara melakukan upgrade Alibaba Cloud DNS. Secara singkat, Alibaba Cloud DNS merupakan layanan DNS yang aman, stabil dan dapat diandalkan. Alibaba Cloud DNS membantu perusahaan maupun pengembang untuk mengubah domain menjaid IP Address yang dapat dibaca oleh mesin. 

DNS dari Alibaba Cloud tersedia dalam beberapa pilihan, yaitu Free, Personal Edition, Enterprise Standard Edition, dan Enterprise Ultimate Edition. Selain itu DNS dari Alibaba Cloud juga menyediakan 2 level pengamanan DNS, yaitu DNS Attack Defense Basic dan DNS Attack Defense Advanced. Masing-masing dari pilihan tersebut memiliki kelebihannya masing-masing dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna. 

Cara Melakukan Upgrade Alibaba Cloud DNS

  1. Masuk ke Alibaba Cloud DNS Console

  2. Tekan tombol Upgrade pada halaman Console untuk memulai proses upgrade



  3. Selanjutnya, pilih DNS Plan yang kamu butuhkan. Pada artikel ini, penulis memilih konfigurasi sebagai berikut:

    Instance Type : Hosted Public Zone
    Edition : Enterprise Standard Edition
    DNS Protection : DNS Attack Defense Basic
    Duration : 2 Years 
    Price : $230.00

     

    Jika sudah selesai, tekan tombol Buy Now



  4.  Pastikan seluruh informasi dan konfigurasi yang diinginkan sudah sesuai. Jika sudah sesuai, lanjutkan ke pembayaran.



  5. Jika pembayaran telah selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah menunggu hingga order terkonfirmasi oleh sistem Alibaba Cloud.



  6. Selanjutnya, masuk kembali ke Alibaba Cloud DNS Console dan kamu akan menemukan informasi bahwa DNS kamu telah terupgrade. Karena penulis memilih versi Enterprise Standard Edition, maka di website akan tertera versi sesuai dengan yang telah kita pilih. Namun, tahap upgrade belum selesai sampai di sini karena kamu harus merubah dulu DNS atau Nameserver dari domain kamu. Kebetulan penulis diminta untuk mengubah DNS menjadi:

    vip7.alidns.com
    vip8.alidns.com



  7. Jika sudah melakukan perubahan DNS, pastikan bahwa status dari DNS dari domain kamu Normal seperti pada gambar di bawah ini

Jika status dari DNS domain kamu sudah normal, maka kamu sudah berhasil melakukan upgrade DNS dan kamu sudah siap untuk mendapatkan jaringan stabil dari Alibaba Cloud. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, jangan sungkan untuk comment di bawah ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)