Dalam proses pembuatan ECS pada Alibaba Cloud, pengguna akan diminta untuk memilih Image. Image yang dimaksud di sini bukanlah gambar, melainkan System Image yang merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada sebuah salinan data dari sebuah sistem operasi. Salinan ini bisa juga kita sebut sebagai backup file. Untuk mempermudah pemahaman, saya akan menggunakan contoh simple. Apabila user memilih image OS A, maka ECS pengguna akan diinstalasi dengan OS A dengan cara system restore. Perbedaan mendasar dari System Image dengan file Backup adalah bahwa System Image itu hanya menyimpan file-file yang berhubungan dengan sistem operasi dan tidak memiliki data lainnya selain data bawaan (Fresh Install). Sedangkan file backup bisa juga mengandung data-data lain yang tidak ada sangkutannya dengan sistem operasi, seperti data pribadi, data pekerjaan, dan lainnya.

Jenis-Jenis Image pada Alibaba Cloud

Alibaba Cloud menyediakan banyak sekali image yang dapat anda gunakan pada ECS yang mereka tawarkan. Secara garis besar, terdapat 4 jenis image pada ECS tersebut, yaitu Public images, Custom images, Shared images, dan Alibaba Cloud Marketplace images. 

 

Untuk memahami lebih lanjut terkait image yang tersedia pada Alibaba Cloud, maka kami akan merincikan perbedaan dan pengertian dari masing-masing image.

  1.  Public images
    Image pada kategori ini merupakan image yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud, di mana image ini sudah terlisensi, aman dan stabil. Masing-masing image memiliki harga yang berbeda tergantung dari image yang dipilih. Beberapa image yang tersedia untuk kategori ini adalah: Alibaba Cloud Linux, Windows Server (Microsoft/Non-Linux), Anolis OS, CentOS, Debian dan OS berbasis Linux lainnya.

  2. Custom images
    Pada kategori ini, user bisa menggunakan Imagenya sendiri. Biasanya ada beberapa perusahaan yang memiliki regulasi terhadap penggunaan sistem operasi, ataupun memiliki konfigurasi standar yang diatur oleh perusahaan. Konfigurasi tersebut tentunya harus disetting ulang apabila menggunakan Public image yang nantinya akan memakan waktu lebih lama agar ECS bisa digunakan. Untuk meminimalisir hal tersebut, Alibaba Cloud menyediakan layanan Custom di mana user dapat mengupload imagenya sendiri ke dalam ECS. Namun perlu diperhatikan bahwa image yang diupload harus didukung oleh ECS Alibaba Cloud. Apabila Imagenya tidak dikenali oleh ECS Alibaba Cloud, kemungkinan besar pengguna harus menghubungi contact support untuk mengetahui apakah custom image tersebut dapat digunakan pada Alibaba Cloud atau tidak.

  3. Shared images
    Setelah sebelumnya membahas tentang Custom image, maka selanjutnya adalah Shared image yang sebenarnya merupakan salah satu implementasi dari Custom Image. Menariknya, Alibaba Cloud mengizinkan penggunanya untuk membuat sebuah Custom image, kemudian pengguna dapat mendistribusikannya ataupun membagikan image tersebut kepada user lain. Hal ini tentu mempermudah seseorang untuk menggunakan image yang lebih terstandarisasi. Perlu diketahui bahwa ketika ada user yang menggunakan shared image, user yang bersangkutan akan dikenakan biaya sedangkan pembuat/creator dari Shared image tersebut tidak akan dikenakan biaya. 

  4. Alibaba Cloud Marketplace image
    Image pada kategori ini terdiri dari 2 jenis yaitu:

    a. Image yang disediakan oleh Alibaba Cloud
    b. Image yang disediakan oleh ISV (Independent Software Vendors) yang bukan merupakan bagian dari Alibaba Cloud, namun terlisensi dan terverifikasi oleh Alibaba Cloud Marketplace. 

    Untuk dapat menggunakan image ini, pengguna diharuskan untuk membeli image dari situs marketplace pada Alibaba Cloud yang dapat diakses di link berikut.

Nah, sekarang Anda sudah tahu jenis-jenis image dan juga perbedaannya bukan? Dengan adanya banyak image yang disediakan, penggunaan ECS pun menjadi lebih mudah dan lebih murah tanpa perlu membeli lisensi aslinya langsung.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)