ECS atau yang biasa disebut sebagai Elastic Compute Service merupakan salah satu produk terlaris yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. ECS dari Alibaba Cloud sendiri merupakan sebuah layanan yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud dengan sistem Infrastructure-As-A-Service (IAAS). Dengan menggunakan ECS, pengguna tidak perlu lagi melakukan investasi terhadap perangkat keras seperti server, switch dan lain-lain. Selain itu, ECS memungkinkan pengguna untuk merubah spesifikasi dari server resourcesnya dengan sangat mudah. Hal ini tentu sangat menarik bukan? Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara agar seseorang dapat membuat ECS di Alibaba Cloud? Simak berikut cara-caranya.

  1. Registrasi Akun Alibaba Cloud
    Sebelum memulai, pengguna diharuskan untuk memiliki akun Alibaba Cloud. Untuk mencari tahu bagaimana cara melakukan registrasi akun pada Alibaba Cloud, klik disini.

     

  2. Log In ke Situs Alibaba Cloud
    Setelah memiliki akun, maka selanjutnya pengguna harus Log In sebelum dapat melakukan proses lebih lanjut. Kunjungi link berikut untuk Log In.

     

  3. Masuk ke ECS Console
    Selanjutnya, pengguna harus masuk ke dalam ECS Console untuk memulai proses pembelian ECS. Setelah masuk, pengguna akan menemukan tampilan seperti di bawah ini.

     

    Selanjutnya, tekan tombol Create ECS Instance untuk membuka tampilan konfigurasi ECS.

  4. Lakukan Penyesuaian Konfigurasi
    Pada tahapan ini, pengguna diharuskan untuk melakukan penyesuaian pada konfigurasi ECS yang diinginkan. Anda dapat melakukan penyesuaian pada Billing Method, Region, Instance Type, Image, Storage, dan Snapshot.

    Pada pembuatan ECS ini, terdapat dua mode yaitu Quick Launch di mana mode ini mempermudah pengguna dalam membuat ECS dan Custom Launch yang didesain khusus untuk pengguna yang lebih familiar dengan dunia ECS. 





    Jika seluruh konfigurasi telah selesai, maka pengguna harus menekan tombol Create Order dengan tujuan untuk membuat order.

  5. Lakukan Pembayaran

    Setelah order berhasil dibuat, selanjutnya adalah pembayaran. Ini merupakan tahap terakhir dari cara membuat ECS pada Alibaba Cloud.

Mudah bukan untuk membuat ECS pada Alibaba Cloud? Dengan user interface yang sangat mudah untuk dipahami, hal tersebut tentunya juga membuat proses pembuatan ECS semakin cepat. 

1 CommentClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

We Promise Not to Send Spam:)